Kamis, 29 Januari 2009

PERAN SISTEM OPERASI

FUNGSI SISTEM INFORMASI

Sistem Operasi Diciptakan untuk mengatasi pengelolaan perangkat-perangkat keras kompputer. Sebenarnya, sistem operasi juga merupakan program komputer, tetapi hanya digunakan untuk menangani semua detail manajemen memori, input/output(I/O), disket, dan semua perintah-perintah tingkat rendah. Ketika sebuh Sistem Opersi atau OS ada dalam komputer, program-program lain dapat ditulid tanpa harus mengkhawatirkan semua detail tingkat rendah tersebut. Jika sebuah program ingin membuka sebuah file atau menforamat disket, ia dapat memerintahkan OS untuk melakukannya. Anda dapat melihat hubungan antara perangkat keras komputer dengan OS, atau OS dengan program lain sebagai lapisan-lapisan yang fungsional.
Seringkali hunbungan itu tidak dapat didefinisikan secara gamblang. Sebuah Progaram mungkin memerlukan akses hardware secara langsung (tanpa harus melalui Sistem Operasi) untuk menggunakan fitur hardware dimana OS tidak bisa melakukan atau meningkatkan kemampuannya. Kasus ini terjadi pada saat itu satu dari Sistem Operasi pertama, dimana setiap progaram harus berhubungan langsung dengan perangkat keras. Dengan adanya batasan ini. maka akan menambah beban pekerjaan bagi siapa saja yang ingin menulis software untuk PC, Seperti setiap program harus menangani printer dan semua detailnya. Versi-versi Sistem Operasi secara berturut-turut menyediakan fungsi-fungsi yang lebih banyak sehingga semakin mudah untuk menulis progran.
Dewasa ini Windows telah menggantikan sistem ini. Salah satu kemajuan spektakuler yang dilakukan oleh Windows adalah menjadi OS yang menyediakan fitur-fitur penghubung bagi program-program lain. Jika program komputer didalam Windows ingin menampilkan kotak dialog pada sebuah layar, maka program itu adalah sebuah perinatah sederhana bagi OS untuk menampilkan sebuah dialog dan menyediakan pesan yang ditampilkan pada kotak dialog tersebut. Agar semua fungsi yang disediakan sistem operasi dapat diakses, perlu dipersiapkan sebuah Aplikation Programming Interface (atau API's). API's berfungsi menunjukan semua fungsi OS dan semua fumgsi OS dan semua perangkat yang digunakan oleh program anda!
Sebagai akibat dari kemajuan ini adalah setiap program individu semakin lama semakin sedikit menangani oprasi-operasi generik dan perhatian uatamanya terpusat pada tujuan aslinya. Keuntungan besar lainnya adalah programer tidak harus mengganti code tertentu apabila ada perubahan dalam perangkat keras (ada printer baru, hard disk baru, CPU yang lebih cepat), karena OS dapat memperbarui cara menangani peralatan-peralatan baru tersebut dan program-program dapat bekerja dengan baik dalam komputer tanpa terpengaruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar